Pertemuan Buya Hamka dengan Daud Beureueh

Sepengal Kisah Buya Hamka dan Beureueh di AcehPenulis artikel ini (tidak menyebutkan namanya) adalah sekretaris Buya Hamka, yang menyertai kunjungan Buya ke Aceh untuk menemui Daud Beurueh (di Beureunuen), Sesuai amanat yang diberikan oleh Presiden. Penulis menceritakan apa-apa saja yang penulis dengar dan lihat selama pertemuan tersebut berlangsung.

Embedly Powered

click here to read more

One thought on “Pertemuan Buya Hamka dengan Daud Beureueh

  1. NAD POST – Buku ini merupakan buku pertama yang ditulis oleh Tengku Hasan Muhammad di Tiro. Buku yang diangkat dari judul skripsinya saat dulu kuliah di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini diterbitkan oleh Pustaka Tiro, Yogyakarta pada tahun 1948. Sebelumnya, Hasan Tiro sudah menerjemahkan buku “Siyasah Syar’iyah” karangan Prof. Abdul Wahab Khallaf, salah seorang Guru Besar Fuad I University Cairo dalam bahasa Indonesia yang berjudul Dasar-Dasar Negara Islam dan terbit pada tahun 1947.

    Mencermati pemikiran Tengku Hasan M. di Tiro tidak bisa dilepaskan dari semua karangan yang pernah ditulis olehnya. Maka, buku ini menjadi pilihan sebagai buku rekomendasi untuk melihat bagaimana pemikiran Hasan Tiro ketika masih berada dalam pelukan nasionalisme Indonesia dan bagaimana dia melihat sejarah Aceh dalam dimensi sejarah Indonesia yang saat itu baru tiga tahun memproklamirkan kemerdekaannya.

    Baca selanjutnya… Merekam Perang Aceh Dalam Catatan Hasan Tiro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *